Daftar Progam HAQIN

Munaqosyah Di Hafizh Quran Indonesia


Ilustrasi Gambar

Pada tanggal 08 Desember 2022 di Hafizh Quran Indonesia secara perdana setelah pasca Covid 19 melaksanakan ujian munaqosyah offline, yang sebelumnya di lakukan online melalui via zoom meeting. Adapun tujuan Munaqosyah sebagai berikut:

1. Mengetahui kualitas hafalan yang di miliki oleh santri

2. Sebagai bentuk apresiasi dan evaluasi dari proses menghafal Al Quran

3. Untuk memastikan santri tetap mempertahankan hafalannya dengan rajin murajaah

Munaqosyah merupakan ujian akhir santri bilamana santri telah menyelesaikan hafalan Quran 30 juz. Ujian tersebut terdiri dari sambung ayat, tanya jawab tajwid, serta tanya jawab kitab Tuhfatul athfal. Munaqosyah di Hafizh Quran Indonesia dilaksanakan di Asrama Pemuda Bumi Langit Kampung Ciharalang, Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Hafizh Quran Indonesia juga telah bekerja sama dengan Kemenag Bandung sehingga terlaksananya munaqosyah di hadiri oleh anggota dari Kemenag Bandung.

21 santri Hafizh Quran Indonesia yang sedang mengikuti ujian Munaqosyah tersebut, dengan 6 orang penguji di antaranya sebagai berikut:

1. Ust. Razas MS Al hafidz (Pembina Yayasan Satria Muda Pasla)

2. Ust Abu Ammar Al Hafidz (Staff pengajar yayasan Satria muda pasla)

3. Ust. Sihabbudin Al Hafidzoh (Staff pengajar yayasan Satria muda pasla)

4. Ustdzh. Siti Maria Ulfah Ns. Al Hafidzoh (Direktur Yayasan Satria Muda Pasla)

5. Ustdzh. Winni Alawiyah Al Hafidzoh (Kepala Sekolah Hafizh Quran Indonesia)

6. Ustdzh. Mulkiyah Awaliyah Al Hafidzoh (Kurikulum Hafizh Quran Indonesia)

Juz yang di ujiankan pun beragam, ada yang 5 juz, 7 juz, 8 juz, 10 juz, 11 juz, bahkan 15 juz.Ujian ini sangat melatih kedisiplinan serta tanggung jawab santri atas hafalannya yang sudah di hafalkan, terlihat dari semangat nya santri yang merelakan waktu tidurnya hanya untuk memurajaah kembali hafalannya. Dan optimisme santri untuk mengikuti ujian Munaqasyah ini.

Adapun rundown acara munaqosyah ialah pembukaan, pembacaan teknis dan aturan saat ujian munaqosyah, dan juga di meriahkan oleh penampilan hadroh dari santri, sambutan sambutan, pelaksanaan ujian munaqosyah, closing steatment, serta hadroh sebagai penutup.

Demikianlah deskripsi ujian Munaqosyah di Hafizh Quran Indonesia dibuat dengan sebenar benarnya, 08 Desember 2022 Pondok Pesantren Tahfidz Preneur An Najah kec, Jiwan Madiun.