Gadged Multi Fungsi

Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan

Dahsyatnya Keutamaan Bulan Ramadhan

Ilustrasi

Ya, karena bulan ramadhan adalah bulan yang di muliakan oleh Allah. Dan bulan yang pastinya dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia ini. Khususnya di Indonesia, yang merupakan negara muslim terbesar di dunia. Meski saat ini dunia sedang digoncangkan dengan hiruk piruk kasus pandemi Virus Corona (COVID-19). Namun, hal itu tidak akan mengubah nikmatnya bulan ramadhan walau diselimuti dengan wabah yang tak pernah kita sangka-sangka akan hadir sebelumnya.

Selain sebagai bulan yang disucikan oleh Allah. Bulan ramadhan juga mempunyai banyak keutamaan, diantaranya:

1) Bulan Diturunkannya Al-Qur'an.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa di bulan Ramadhan adalah waktu dimana diturunkannya ayat-ayat suci Al-Qur'an dari Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw secara mutawatir (ketersambungan sanad sampai Rasulllah).

Diturunkannya Al-Qur'an di bulan Ramadhan ini merupakan bukti nyata akan kemuliaan bulan Ramadhan. Seperti yang tersiratkan di dalam surat Al-Baqarah:185.

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

2) Bulan Penuh Dengan Keberkahan.

Hal ini seperti yang tersirat pada hadits berikut

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..." (HR. Ahmad, An-Nasal dan Al-Baihaqi)

3) Bulan Penuh Pengampunan

Nabi Muhammad Saw bersabda: "Shalat lima waktu, jum'at ke jum'at, Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa diantara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

Selain itu, dengan berpuasa di bulan Ramadhan mampu menghapuskan dosa kita yang telah lalu. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad Saw

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

4) Dilipatgandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan.

Dalam riwayat disebutkan, Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakar bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata,

"Apabila telah tiba bulan Ramadhan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain."

6) Adanya Malam Lailatur Qadar

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Di bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, adalah saat diturunkannya Al-Qur'anul Karim. Banyak umat muslim yang mengharapkan agar mendapatkan malam itu dengan berbagai cara, mulai dari tadarus di masjid, shalat malam dan juga i' tikaf di masjid.

7) Mustajabahnya Doa Di Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadhan lebih mustajabah. Hal ini sesuai hadits Rasulullah Saw:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. Al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Masyaallah, itulah beberapa keutamaan dari banyaknya kedahsyatan dan juga kemulian di bulan ramadhan. Semoga kita bisa mengaplikasikannya dikehidupan keseharian kita, agar kita dapat menggapai kemulian bulan ramadhan dari awal hingga akhir, dimana puncak penantian para umat muslim yakni Hari Raya Idul Fitri.

Arrahma Ramadhyna Dennyka, Al-Hafizhah

Selasa, 28 April 2020

  1. Alhamdulillah tulisan yg bagus insya Allah penulis yg berbakat semoga semakin berkembang dan sukses dimasa depan..aamiin yra

    BalasHapus


  • Berita Kegiatan
  • LAINNYA
  • TAUSHIAH
  • LAINNYA

Back To Top