Daftar Progam HAQIN

Haqin Berbisnis Apa Manfa'atnya?


Ilustrasi Gambar

Selain menghafal Al Quran, HAQIN juga mempunyai program bisnis terbaru yaitu membuat Warung Telur Santri yang memiliki tagline yaitu “Murah, Sehat, Berkualitas”. Warung Telur Santri ini menyediakan telur yang murah dan berkualitas. Tak hanya warga setempat yang berantusias dengan ada nya program tersebut tetapi warga di daerah lain pun ikut untuk berkontribusi dengan Warung Telur Santri. Dengan adanya program bisnis ini, diharapkan untuk santri bukan saja menghafal quran tetapi juga bisa mengamalkannya. Sebagaimana Rasulullah bersabda, ''Sesungguhnya, sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan,'' hadist riwayat Baihaqi.

Siapa sangka ternyata berdagang juga banyak keutamaannya? Yuk kupas lebih dalam!. Ada beberapa poin dalam keutamaan berdagang. Berikut keutamaan berdagang:

1. Di kumpulkan Dengan Para Nabi Dan Syuhada

Sebagai Rasul yang diutus untuk memberikan tauladan akhlaqul karimah, Rasul pun sudah mencontohkannya terlebih dahulu. Beliau menghabiskan masa mudanya dengan berdagang bersama paman nya menuju negeri Syam. Beliau menjadi pedagang yang sangat terpercaya dengan kejujurannya hingga di juluki Al Amin. Rasulullah bersabda “Pedagang yang selalu jujur dan amanah ia akan bersama para nabi, orang orang yang selalu jujur dan orang orang yang mati syahid.” (HR. Tirmidzi)

2. Sebaik Baik Penghasilan

Dalam hal ini Rasulullah juga bersabda  “Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan adalah penghasilan dari para pedagang yang apabila berbicara tidak berbohong, apabila diberi amanah tidak berkhianat, apabila berjanji tidak mengingkari, apabila membeli tidak mencelanya, apabila menjual tidak berlebihan, apabila berhutang tidak menunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang berada dalam kesulitan.” (Al Baihaqi)

3. Pintu Rezeki Terbanyak

Diriwayatkan pada sebuah hadist Rasulullah bersabda  “Hendaklah kalian berdagang karena berdagang adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki.” Dari hadist tersebut kita bisa menyimpulkan bahwasanya perdagangan mempunyai peluang lebih besar menghasilkan rezeki dibanding dengan profesi lainnya. Bahkan bandingannya adalah 9:10.

Setelah mengetahui 3 keutamaan di atas, apakah akhi dan ukhti tertarik untuk menekuni profesi pedagang? Bersama santri HAQIN mari kita menjalankan sunnah Rasulullah

Yuk intip keseruan santri Haqin saat berbisnis, simak video di bawah ini.