Daftar Progam HAQIN

Tips Mudah Menghafal Al Quran

Ilustrasi gambar

Menghafal Al-Qur’an menjadi salah satu ibadah yang paling besar pahalanya, karena menghafal Al-Quran memiliki banyak  keutamaan dan fadhilah salah satunya adalah ia akan memberikan derajat yang tinggi di syurga pada kedua orang tuanya. Bahkan terbebas dari api neraka 

Namun menghafal Al-Qur’an bukanlah sesuatu hal yang mudah, kadang untuk menghafal satu halaman saja butuh waktu lama. Kadang tak jarang surat yang sudah dihafal pun tidak bertahan lama untuk hafalan di luar kepala. Tak jarang karena hal itu semangat kita pun luntur karena future.

Selain azam dan keinginan yang kuat serta kemauan, menghafal Al-Quran juga membutuhkan cara, tips dan tutorial supaya seorang yang awam bisa hafal dengan pasti dan cepat. Bagi anak muda, adalah saat dan waktu yang tepat untuk menghafal Al-Qur'an karena di usia belia adalah waktu emas. Dalam menghafal Al-Quran di butuhkan komitmen dan perjuangan yang penuh ambisius agar bisa menghafal dan mentadaburi dari setiap ayat.

Menjadi hafidz/hafidzah adalah impian dari setiap generasi islami bahkan tak jarang orang tua di zaman now ini bercita cita menjadikan anak nya sebagai penghafal Al-Qur'an. Dengan rahmat-Nya Allah memilih orang-orang terpercaya untuk menjaga kalam-Nya termasuk kita Aamin. Nah, dibawah ini adalah tips tips untuk menghafal Al-Qur’an dengan mudah:

1. Niat ikhlas karena Allah Taala

Sebagai kaum muslim dan muslimin seyogyanya kita sudah tahu bahwa segala sesuatu hal yang akan kita lakukan itu harus di ]niatkan ikhlas karena Allah ta’ala. Dengan keikhlasan tersebut kita berharap Allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menghafal Al-Quran.

Tidak baik jika kita menghafal Al-Quran karena ingin dipuji atau sebagainya. Hal ini lah sebenarnya yang membuat kita kesulitan dalam menghafal Al-Quran, karena kita hanya mengharapkan penilaian dari manusia. 

2. Yakin 

Menumbuhkan rasa yakin dalam diri. Karena dengan yakin kepada diri sendiri bisa melakukannya, pasti Allah akan memberikan kemudahan. Sesuai yang dijelaskan dalam Al-Quran, Allah akan sesuai dengan apa prasangka hamba-Nya, sehingga kita harus selalu memiliki prasangka yang baik.

3. Dekat dengan Al-Quran

Jika kita dekat dengan Al-Quran maka Al-Quran pun akan semakin dekat dengan kita sebagaimana layaknya teman, semakin kita jauh maka jauh pula Al-Quran dengan kita.

4. Memperbaiki cara membaca Al-Quran

Seperti yang kita tahu, kesalahan dalam membaca Al-Quran dapat merubah arti, makna, dan mengurangi pahala yang didapatkan.

5. Membaca secara berulang (murojaah)

Perumpaan seperti unta, jika ia diikat pada suatu tiang maka ia tidak akan pergi tetapi jika ia tidak diikat boleh jadi beberapa menit kemudian ia akan pergi atau hilang, sama dengan hafalan semakin kita sering memurojaahnya maka akan semakin lengket hafalan kita.

6. Konsisten menggunakan 1 jenis mushaf

Menghafal Al-Quran dapat kita gambarkan seperti menulis di suatu kertas agar kita bisa menghafalnya, jika keesokan hari nya kita berganti dari kertas pada kanvas maka akan berbeda juga penyesuaian gambarnya.

7. Meminta orang lain menyimak hafalan kita

Cara termudah untuk menguji diri sendiri setelah hafal ialah dengan disimak oleh partner agar hafalan kita lebih konsisten lagi.

8. Memiliki target untuk menghafal Al-Quran

Milikilah target untuk menghafal Al-Quran sesuai dengan kapasitas kita karena dengan adanya target akan membuat sebuah ambisi yang berkobar dalam diri kita sehingga kita selalu berusaha untuk menggapainya.

9. Memiliki waktu khusus untuk menghafal

Sediakan waktu khusus bersama Al-Quran karena jikalau kita menghafal Al-Quran disambil dengan kegiatan lain, niscaya hafalan itu akan sulit untuk masuk. Jadi, dengan berkonsentrasi akan jauh lebih mudah dan fokus.

10. Memperbanyak mendengarkan murottal Al-Quran

Salah satu cara yang sangat direkomendasikan bagi pengahfal Al-Quran ialah sering mendengar murattal, agar otak kita bisa menyimpan beberapa kata huruf sehingga kita menjadi tidak asing lagi jikalau menghafal ayat tersebut.

11. Beristiqomah

Hal ini adalah satu hal tersulit pada penghafal Al-Quran karena setan tidak akan diam saja ketika ada hamba Allah yang ingin beristiqomah di jalan-Nya. Dia akan terus berusaha menggoda dengan segala cara apapun seperti mengantuk, gadget, teman, serta lingkungannya.

Karena Balasan bagi penghafal Al-Quran adalah surga dan surga bukan lah suatu yang murah, oleh karena itu mari kita bersama-sama menabung supaya kita bisa pulang pada jalan yang indah yang diimpikan oleh setiap kaum muslim.