Daftar Progam HAQIN

B.J Habibie dan Karyanya Untuk Indonesia

Ilustrasi Gambar

Tidak sedikit generasi Indonesia memiliki otak yang sangat inovatif dan kreatif sehingga sudah ribuan karya anak Indonesia dikenal sampai ke jenjang internasional. Salah satu generasi tersebut ialah BJ Habibie, siapa yang tidak kenal dengan seorang ilmuan di bidang pesawat ini?

Namanya harum dengan karya andalannya yakni pesawat. Ia sangat jenius hingga memiliki 1000 karya yang sangat luar biasa dan penemuannya bernilai sangat tinggi..

BJ Habibie atau Bacharuddin Jusuf Habibie adalah alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan teknik mesin. Lalu, ia melanjutkan pendidikannya di RWTH Aachen University dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di jerman, BJ Habibie kembali ke Indonesia untuk mengamalkan ilmunya dengan mengembangkan teknologi teknologi yang ada pada saat itu. Salah satu karyanya yaitu ia menciptakan perusahaan pesawat terbang pertama di Indonesia, yakni Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang sangat dikenal dengan nama PT Dirgantara Indonesia.

Deretan Penemuan BJ Habibie Pada Penerbangan

Setelah ia menjadi seorang ilmuwan yang memiliki keterhubungan dengan pesawat terbang dan dunia penerbangan, BJ Habibie tidak diam sampai disitu saja.

Tak lelah dengan mencoba akhirnya ia membuat sendiri sebuah karya hasil tangannya sendiri yang akan menjadi alasan utama mengenal sosok BJ Habibie menjadi contoh teladan bagi generasi Indonesia.

Beberapa penemuan dari BJ Habibie yang telah dianggap dan di akui oleh masyarakat internasional diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pesawat Dornier DO-31

Pesawat Dornier DO-31 adalah pesawat pertama rancangan BJ Habibie. Pesawat ini merupakan pesawat pertama di dunia yang melakukan pendaratan secara vertikal dengan memakai teknologi Vertical Take Off & Landing. Pesawat ini mempunyai penampilan unik  dan menjadi jet transportasi yang dimiliki Jerman Barat.

Ketika itu, pesawat ini dirancang khusus untuk memenuhi spesifikasi NATO. Tetapi, karena tinggi nya biaya produksi dan beberapa masalah lainnya, dan akhirnya proyek pesawat Dornier DO-31 ini sangat terpaksa dibatalkan. Namun, akhirnya draf rancangan Dornier DO-31 dibeli haknya oleh NASA. Nama BJ Habibie pun masuk dalam daftar penyumbang ide dalam rancangan pesawat tersebut.

2. Pesawat N250 Gatot Kaca

Di balik layer pembuatan pesawat terbang Gatot Kaca siapa lagi jika bukan BJ Habibie yang menjabat sebagai Kepala Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). 

Pesawat ini dibuat dengan menggunakan teknologi mutakhir, diantaranya ialah fly by wire system, full grass cockpit with engine instrument and crew alerting system (EICAS). Teknologi FBW yang digunakan pada N250 Gatot Kaca adalah yang pertama kalinya dipakai untuk pesawat berukuran tersebut.

Meski teknologi ini dianggap sulit bagi sebagian orang, namun kesuksesan dalam tahap uji terbang pesawat N250 Gatot Kaca yang disaksikan oleh hampir semua warga Indonesia dapat menjawab kebimbangan tersebut. Bahkan, beberapa hari stelahnya teknologi ini diikuti oleh banyak pesawat sejenisnya.

3. Pesawat R80

Penemuan selanjutnya adalah pesawat R80. Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru yang sangat canggih dengan menggunakan keamanan yang tinggi untuk keselamatan penumpang.

Almarhum BJ Habibie merancang pesawat R80 untuk melakukan penerbangan jarak pendek hingga menengah. Pasalnya, pesawat R80 ini dapat melayani rute penerbangan Palembang-Bali.

Menurut data, pesawat R80 memiliki berat maksimal saat take-off sebesar 27.000 kilogram dan operasi tanpa bebas 16.200 kilogram. Dengan dioperasikan memakai mesin turboprop, bahan bakar pesawat ini dikatakan lebih irit 20% dibanding dengan pesawat dengan mesin jet.