Daftar Progam HAQIN

3 Fakta Sains unik dalam Al-Qur’an

Ilustrasi Gambar

Senin/10/2022 – Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat muslim yang diturunkan sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Ayat dan kandungan didalam nya diturunkan secara berangsur-angsur dari Allah kepada malaikat kemudian sampai pada Rasulullah Saw dan beliau sebarkan sampai kepada umat-umatnya. Pada akhirnya, kini kita bisa merasakan kenikmatan membaca dan mentadabburi setiap ayat.

Ternyata, tanpa kita sadari banyak dari fakta sains tercantum juga di dalam Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat kebenarannya dari kandungan berupa keterangan atau bukti lain yang menguatkan. Banyak ilmu-ilmu dan hikmah di dalam Al-Qur’an yang dapat kita ambil pelajarannya. Namun, sampai sekarang masih belum juga keseluruhannya terungkap. Berikut ini ada 3 fakta sains yang terungkap ditemukan di dalam Al-Qur’an, dan juga telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pelindung Langit

Langit melindungi dari sinar matahari yang mematikan. Bisa kita bayangkan jika langit tidak ada maka radiasi dari matahari akan membunuh segala aspek kehidupan di dunia. Hal ini juga berlaku pada setiap lapisan-lapisan yang melindungi bumi..

Dalam Alquran dijelaskan bahwa langit dipelihara oleh Allah dan sebagai pelindung Bumi disebutkan dalam salah satu ayat Alquran.

"Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya," (QS:Al Anbiya:32)

2. Besi

Faktanya besi bukan hal alami bagi bumi. Ada hal yang terdengar aneh oleh kita bahwa besi tidak terbentuk di bumi tetapi turun ke bumi dari luar angkasa.

Para ilmuwan menemukan miliaran tahun yang lalu, saat bumi terjebak oleh meteroit. Dan meteroit ini membawa besi dari bintang jauh yang meledak. Hal ini juga telah dicantumkan dalam Al-Qur’an tentang asal muasal besi bahwa:

"Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat, dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa," (QS. Al-Hadid: 25).

Allah menggunakan kata tersebut untuk besi. Sangat jelas bahwa dari ayat yang dijelaskan besi bukanlah material duniawi, melainkan diturunkannya untuk kebermanfaatan manusia di bumi.

3. Sungai di dasar laut

Sungguh sangat menakjubkan, seorang ahli dibidang kelautan Bernama Jacques Yves Costeau sedang melakukan sebuah penelitian di dasar laut. Kemudian saat ia melakukan penyelaman menemukan sebuah fenomena di Cenota Angelita, Mexico. Ia dikejutkan dengan fenomena di dasar laut yang sangat luar biasa. Dia menemukan air tawar diantara air laut yang asin. Rasa penasaran yang sangat tinggi membuat ia semakin menyelam lebih dalam untuk mencari tahu. Akhirnya ia menemukan fenomena yang begitu luar biasa indahnya yaitu sungai di dasar laut.

Sebagaimana di Al-Qur’an telah menjelaskan pada surah Al-Furqan ayat 53

''Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia Jadikan antara keduanya dinding dan barat yang tidak tembus.''

MasyaAllah kebesaran Allah menciptakan segala sesuatunya sudah tercantum semua di dalam Al-Qur’an. AllahuAkbar!!