Daftar Progam HAQIN

Wanita Dilarang Sholat Di Masjid?

 

Ilustrasi Gambar

Abdullah mengatakan Rasulullah bersabda “Sholat perempuan di dalam bait, lebih baik daripada sholat nya di dalam hujr. Sholat perempuan di dalam makhda lebih baik daripada sholatnya di dalam bait” (Hadist Riwayat abu Daud). Hadist ini menunjukan sholatnya perempuan lebih baik di tempat yang jauh dari keramaian. Ulama mengatakan sholat perempuan di kamarnya lebih baik daripada ia sholat di masjid. Tetapi dari Abdullah bin Umar Rasulullah bersabda “Janganlah kamu melarang hamba hamba Allah yang perempuan untuk pergi ke rumah rumah Allah yaitu masjid” (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim). 

Pada dasarnya perempuan tidak dilarang oleh nabi untuk sholat di masjid. Hanya saja beliau tidak mengizinkan perempuan sholat di masjid jikalau di khawatirkan timbul nya fitnah. Seperti di Palestina, perempuan tidak di perbolehkan sholat di masjid karena khawatir di perlakukan hina oleh pasukan Israel. Di Indonesia dengan keadaan yang aman tidak masalah untuk perempuan sholat di masjid. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan perempuan dalam sholat di masjid. Diantaranya sebagai berikut:

1. Dilarang memakai wewangian yang menyengat

“Wanita manapun yang memakai wewangian atau parfum lalu ia melewati para laki laki dan tercium sebagian dari wanginya tersebut, maka dia adalah seorang pezina. Dan setiap mata yang melihat wanita itu juga pezina” (HR. Abu Daud no. 4173, At Tirmidzi no.2786, dihasankan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no. 2701).

2. Tidak berhias yang berlebihan

Rasulullah SAW bersabda, "Allah melaknat wanita yang menato kulitnya, wanita yang minta kulinya ditato, wanita yang mencabut alis, wanita yang minta dicabutkan alisnya, wanita yang minta di percantik giginya.

3. Tidak memakai perhiasan yang menarik perhatian

Rasulullah SAW bersabda, "Wahai perempuan, tidaklah kalian memakai perhiasan perak. Karena sesungguhnya tidak ada seorang perempuan pun yang memakai perhiasan emas kemudian ditampakkan (dihadapan umum), kecuali perempuan itu akan disiksa oleh Allah SWT. karenanya".

4. Tidak berlebihan dalam berpakaian

Tak sepatutnya seorang wanita memakai pakaian yang berlebihan untuk mencari perhatian orang orang. Di jelaskan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 190 “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang melampaui batas”

Yuk setelah mengetahui ilmunya, mari kita praktikan dalam keseharian!