Daftar Progam HAQIN

Seorang Qariah Disawer Dengan Cara Yang Tidak Patut

Ilustrasi Gambar

Pandeglang – Seorang qariah bernama Nadia H. disawer ketika sedang membacakan lantunan ayat Al-Qur'an dalam suatu acara di daerah Pandeglang, Banten. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid buka suara.

“Menurut sebagian besar ulama,  Nadia boleh menerima uang atau penghargaan karena membaca Alquran,” kata Zainut kepada detikcom, Jumat, 1 Juni 2023.Zainut menyatakan seseorang tidak dilarang menerima uang dari hasil membaca Al-Qur'an.

Namun dia menyebut seseorang yang memberikan hasil atau bayaran juga harus dengan cara yang baik dan sopan.

Menurut syariah, seseorang boleh menerima pahala atau hasil dari membaca Alquran, jelas Zainut.

Hanya saja harus dilakukan dengan cara yang terhormat, dengan nilai-nilai yang terpuji, dan tanpa mencemooh kesopanan, lanjutnya.

Baik yang menyumbang maupun yang menerima upah, menurut Zainut, harus santun.

Baik yang menyumbang maupun yang menerima upah, menurut Zainut, harus santun.Dikutip dari detikcom video yang beredar, Kamis (5/1), qariah tersebut sedang membaca Al-Qur'an dalam sebuah acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara itu disebut digelar di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Saat qariah melantunkan ayat suci Al-Qur'an, naik ke atas panggung dua orang pria yang memakai baju koko dan mengenakan peci. Kedua pria itu lalu mengeluarkan uang dari sakunya dan menyawerkan diatas kepala sang qori.

Kedua pria penyawer itu tampak melempar-lemparkan uang di depan sang qariah. Tak hanya 'melemparkan uang, bahkan salah pria tersebut menyawer qariah tersebut dengan cara menyelipkan uang di selipan kerudung sang qariah. Walau begitu, qariah tetap melanjutkan lantunan bacaan Al-Qur'an.

Qariah Marah Nadia Hawasyi kemudian buka suara. Dia menyebut awalnya tidak mengetahui panitia akan menyawer dirinya ketika ia sedang mengaji.

Nadia mengatakan, tidak tepat jika langsung menegur atau berhenti membaca Alquran dan meninggalkan panggung karena melanggar adab membaca membaca Al Quran dalam Islam.

Nadia benar-benar kesal karena disawer saat mengaji. Ia mengaku usai membacakan Al-Qur'an langsung meninggalkan panggung dan menegur panitia.

“Saya cukup geram dan jengkel saat disawer. Setelah saya mulai disawer, saya langsung sodaqallah dan meninggalkan panggung, dan kemudian setelah turun saya langsung menegur panitia. Jadi sebenernya panitia yang salah, panitia melakukan kekeliruan dengan tidak menghormati kami sebagai pembaca Alquran,” Ujarnya.