Daftar Progam HAQIN

Daily Activity Santri Haqin

Santri Hafizh Quran Indoensia

Siapa nih yang juga anak Pondok Pesantren?

Pasti teman teman santri juga punya Daily Activity yang berbeda beda di setiap tempatnya. Seperti di Hafizh Quran Indonesia juga punya Daily Activity sendiri.

Dari bangun tidur hingga tidur lagi, Haqin selalu memprioritaskan cara mengatur waktunya agar lebih disiplin dan tertib. Sehingga tidak ada 5 menit pun yang terlewat sia sia. 

Hafizh Quran Indonesia punya prinsip bahwasanya dengan produktifitas waktu akan membuat ‘Habbits’ yang baik.

Nah Apa aja sih Daily Activity di Hafizh Quran Indoensia?

1. Tahajjud Jama’i

Pada pagi hari, santri akan memulai hari harinya dengan yang baik agar aktifitas yang dimulai selalu dengan Ridho-Nya.

Banyak sekali keutamaan dari Sholat Tahajjud, salah satunya akan dikabulkan doanya oleh Sang Maha Kuasa. Oleh karena itu bersama sama mereka saling membangunkan teman yang sedang terbuai oleh mimpi agar bisa mendapat banyak fadhilah dari Sholat Tahajjud tersebut.

Sholat Tahajjud juga mereka lakukan secara berjama’ah, agar lebih bersemangat dan khusyu’ tanpa di selimuti rasa kantuk.

2. Tajam

Setelah melakukan keperluan pribadi santri seperti, mandi, makan, dan piket. Mereka berkumpul dalam satu Halaqah dengan satu Musyrif/Musyrifah.

Pada kesempatan itu mereka bersama sama menghafal dan memurajaah hafalan yang telah di hafal. Tak hanya itu mereka juga memperbaiki Fashohah Bacaan Al-Qur’annya. 

3. KBM

KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar dilakukan santri Hafizh Quran Indonesia sejak pukul tujuh dini hari hingga pukul lima sore hari. 

Disela sela itu terdapat jam istirahat di siang hari untuk Qailullah atau tidur siang. Dan Ishoma/ Istirahat Sholat Makan.

Kemudian setelah itu KBM dimulai lagi pada pukul 07.30 atau setelah isya. Dan ditutup dengan pembacaan Al Mulk bersama pada jam 09.00.

Dan yang terakhir adalah Istirahat tidur hingga bangun pada waktu Tahajjud kembali.


Kok bosan sekali kegiatan sehari harinya hanya seperti itu! Apa tidak ada kegiatan lainkah?

Eitss.. jangan salah Di Hafizh Quran Indonesia juga memiliki kegiatan lain loh! Apa saja?

1. Spritual day

Di minggu pertama, Hafizh Quran Indonesia memiliki jadwal yang dinamakan Spritual Day atau yang biasa diisi dengan kajian kajian islam.

Pematerinya pun orang orang yang bisa menanamkan motivasi besar pada santri agar bisa lebih bersemangat dan berambisi pada cita citanya dengan persaingan secara sehat.

2. Healthy Day & Sporty Day

Healthy Day atau hari kesehatan di lakukan pada hari Minggu kedua. Dan Sporty Day di minggu ketiga. Apa aja yang dilakukan di hari itu?. Sesuai namanya pastinya hal yang dilakukan berhubungan dengan kesehatan seperti olahraga berenang, jogging, senam bersama, dan kegiatan lainnya.

Kadang juga santri membuat makanan yang bisa menambah suplemen gizi dan kesehatan seperti salad, yogggurt, olahan buah dan olahan sayur.

3. Rihlah Day

Disetiap akhir bulan sebagai refreshing Hafizh Quran Indonesia rutin mengadakan Rihlah atau jalan jalan. Biasanya yang di kunjungi tempat wisata religi.

Keseruan Rihlah ini selalu diabadikan oleh tim media dari santri. Sebagai dokumentasi mereka foto bersama di setiap tempatnya. Ekspresi mereka menunjukan keceriaan dan rasa senang mereka.

Namun tak sedikit mereka ketika rihlah, mereka menggunakan waktunya untuk murajaah dan menghafal. Menurut mereka suasananya cocok dan seru untuk murajaah.

Ketika teman teman kepo dengan isi tas santri Hafizh Quran Indonesia yang dibawa ketika rihlah, mimin pastikan didalamnya pasti ada Al-Qur’an yang tidak pernah lepas mereka bawa,