Daftar Progam HAQIN

Keutamaan Berqurban

Santri sedang memotong daging qurban

Hari raya Idul Adha identik dengan berqurban atau menyembelih hewan. Bagi seseorang yang diberikan kemampuan berkecukupan oleh Allah hendaknya ia berqurban. Karena berqurban memiliki banyak pahala dan keutamaan lainnya.

Disebutkan oleh Ustadz Abdul Somad “Ketika seseorang berqurban kemudian menyembelih hewan tersebut pada hari Idul Adha, sebelum darah hewan tersebut jatuh ke tanah, lebih dulu ampunan Allah datang kepada seseorang yang berqurban, maka sucilah diri kalian dengan memperbanyak berqurban”.

Apa yang dikatakan oleh Ustadz Abdul Somad adalah salah satu keutamaan diantara banyak keutamaan lainnya. Dalam sebuah hadist juga disebutkan "Barangsiapa yang memiliki kelapangan (harta), sedangkan dia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami." (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Apa aja keutamaan berqurban lainnya?

1. Meningkatkan rasa syukur dan ketaqwaan

Dalam Al-Qur’an disebutkan tentang berqurban adalah ketaqwaan yakni Q.S Al Hajj ayat 37, “Bukanlah daging dan darah itu yang sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan. Demikianlah Allah telah menundukkan hewan-hewan itu untuk kalian, supaya kalian memperbanyak zikir kepada Allah atas rezeki yang telah diberikan-Nya kepada kalian”.

Dengan adanya ayat tersebut dapat kita ketahui bahwa Allah langsung yang mengatakan bahwa dengan berqurban akan sampai rasa ketaqwaannya kepada Sang Pencipta. 

2. Tiap satu bulu di hitung kebaikan

Dikatakan juga oleh Zaid ibn Arqam, dirinya berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya leluhur kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang akan kami peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan dan setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibnu Majah).

3. Sebagai kepedulian terhadap sesama

Daging qurban biasanya ikut dibagikan juga kepada masyarakat sekitar, apabila ada masyarakat yang membutuhkan maka itu akan sangat berarti baginya.

Disebutkan juga dalam hadist “Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah” HR. Muslim

Mari Berqurban bersama para Huffazh!

Di Hafizh Quran Indonesia juga telah menyiapkan beberapa domba dan kambing untuk di sembelih pada Idul Adha yang akan mendatang. Juga tersedia apabila bapak atau ibu yang ingin berqurban bersama penghafal Al-Qur'an bisa bergabung di Hafizh Qur'an Indonesia. Karena Insya Allah nantinya hasil dari daging qurban akan di nikmati juga oleh para penghafal Al-Qur'an.

"Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, & Hakim)

Bagi bapak atau ibu yang ingin berqurban di Hafizh Quran Indonesia bisa menghubungi nomor berikut ini http://wa.me/62895362466060